SEJARAH SINGKAT TENTANG UNITED COMMUNITY ACEH NUSANTARA


United Community Aceh Nusantara International disingkat dengan UCAN-International adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat internasional yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat serta berkantor pusat dikota lhokseumawe-aceh-indonesia dengan biro-biro perwakilan didalam dan luar negeri serta bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat dunia international.
UCAN-Internasional didirikan pertama sekali oleh Bapak Muhammad Nasir, ST.,MM, dkk pada tanggal 7 April 2013, dengan melibatkan para pakar dan masyarakat aceh dan luar aceh dengan tujuan membantu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat Indonesia pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya.
UCAN-International ini dilahirkan berkat kerja sama yang mengikat dalam menjalankan suatu bentuk pemberdayaan masyarakat dalam membangun kesejahteraan masyarakat dunia internasional dalam menghadapi gejolak perekonomian dunia global.
terima Kasih Anda Telah Bergabung Bersama ***** UNITED COMMUNITY ACEH NUSANTARA INTERNATIONAL ***** UNITED COMMUNITY ACEH NUSANTARA INTERNATIONAL ***** Bersama Anda Kami Ada

Rabu, 05 Juni 2013

PROFIL UCAN



UCAM Internasional

Berangkat dari sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam bidang pemberdayaan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat Aceh dlam mengembangkan kepentingan bisnisnya di luar Indonesia, disadari pula bahwa ruang lingkup UCAM Internasional juga harus memasuki arena internasional.

Kini, kami terlibat di dalam pemberdayaan masyarakat yang khusunya akan memulai mengembangkan sayab dalam menuju era-globalisasi sekarang ini dalam perberdayaan masyarakat, kita mempunya asumsi yang sangat sederhana dan dumulai dari kelompok-kelompok pengguna jasa masyarakat bawah.

Perkembangan Dunia Internasional saat ini sangatlah berarti seperti perkembangan masyarakat dunia Cina, Singapura, dan Amerika Serikat dengan semua program yang didorong oleh visi dan prinsip perpanduan yang sama. Program Pendidikan Program Beasiswa dan Kerjasama Pendidikan Beasiswa diberikan kepada mahasiswa Strata Satu, Dua dan Tiga yang belajar penuh di universitas-universitas di Singapura, Cina, dan AS.

Di Singapura, mitra kami akan membuka jaringan dengan pemerintah Singapura antara lain dalam bidang pendidikan, kami akan bekerjasama dengan Beijing dan banyak lagi banyak lagi Negara-negara asia lainnya, ; di AS kami bekerjasama serta membentuk perwakilan atau divisi, sehingga kedepan seluruh dunia internasional mengusahakan mempunyai kantor perwakilan atau kantor divisi dengan biro-biro yang telah dipersiapkan.

Pengembangan Sekolah dan Universitas Inovatif

Kami merencanakan akan mendirikan Sekolah Dasar (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) di kawasan tidak mampu di Aceh sebagai langkah awal serta Sekolah Favorit di Aceh dalam mendorong guru-guru untuk melokalisir kurikulum guna memenuhi kebutuhan masyarakat.  Kami juga menyediakan buku-buku di sekolah-sekolah serta membantu meningkatkan fasilitas sekolah, termasuk pendanaan bagi  pembangunan gedung universitas dan labolatorium di sekolah UCAM Internasional.

Dan sekarang ini kami bekerja sama dengan Yayasan Pembangunan Universitas Aceh Nusantara YP-UNARA Lhokseumawe dalam mendirikan Universitas Aceh Nusantara dan SMK Kesehatan YP-UNARA, hal ini sudah hampir dapat dipastikan karena Universitas Aceh Nusantara (UNARA) setelah pengurusan yang diawali tahun 2010 sampai dengan sekarang sudah dikeluarkan program studi sebanyak 18 Program studi dari 22 Program studi yang diusulkan oleh YP-UNARA, dari 18 Program studi dimaksud dengan jumlah Fakultas sebanyak 6 Fakultas, yaitu :

1.      Fakultas Teknik

2.      Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan

3.      Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

4.      Fakultas Ekonomi

5.      Fakultas Pertanian

6.      Fakultas Hukum

Pada awal tahun pelajaran 2013/2014 SMK Kesehatan YP-UNARA akan membuka penerimaan siswa baru dengan program studi :

1.      Keperawatan dasar

2.      Keperawatan Gigi

3.      Farmasi Kesehatan

4.      Farmasi Industri, dan

5.      Analis Kesehatan

Program-program ini merupakan sebagai program percontohan yang diawali dengan berdirinya lembaga UCAN Internasional ini.

 
Program Penelitian


Program pendanaan disediakan bagi penelitian diabetes di Aceh untuk Profesor Metabolisme dan Endokrinologi dari Duke-NUS Graduate Medical School, Singapura.    Penitikberatannya adalah pada penelitian dasar di bidang fisiologi, metabolisme dan epidemiologi gangguan metabolisme dan / atau endokrin seperti diabetes mellitus.


Program lainnya


Di Aceh, kami akan mengusahakan melalui kerja sama Pemerintah Daerah akan mengupayakan memberikan bantuan finansial untuk pembangunan jalan sepanjang 15.5 Km dalam kabupaten Aceh Utara, dimana kesulitan transportasi menghalangi masyarakat untuk berinteraksi dan pembangunan ekonomi.


Kami juga berkontribusi dalam program bantuan bencana bagi gempa bumi dan Tsunami, dan banjir yang akrap sekali terjadi di Bumi Serambi Mekkah serta upaya-upaya rekonstruksi bencana alam.
 

Visi dan Misi

Visi

UCAN Internasional berupaya menjadi pusat unggulan dalam memfasilitasi dan meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas dan kesempatan pemberdayaan yang memberikan kontribusi terhadap pengurangan kemiskinan yang khususnya akan dilaksanakan di Propinsi Aceh ini.

Misi

UCAN Internasional bekerja dengan komunitas dan partner untuk mengatasi akar permasalahan kemiskinan di negara-negara belum berkembang dalam katagori miskin dimana UCAN Internasional menjalankan usaha bisnisnya. UCAN Internasional memberikan kontribusi terhadap pengurangan kemiskinan dengan cara:
  1. Mengembangkan dan menerapkan program-program inovatif 
  2. Membangun kapasitas dan memberdayakan penerima bantuan 
  3. Bekerja dengan partner dan mendukung program-program yang dilaksanakan oleh partner 
  4.  Mendokumentasikan dan membagikan praktek-praktek terbaik kepada publik

Program

Program-program UCAN Internasional berfokus pada bidang pendidikan dan pemberdayaan dengan penitikberatan membantu masyarakat untuk membantu diri mereka sendiri dengan mengambil keuntungan dari peluang dan bekerja keras.

Program kerja kami dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip berikut:
  1. Keberlanjutan: berusaha untuk mengembangkan hubungan kuat yang sedang berlangsung dengan masyarakat dalam memastikan keefektifititasan program yang efektif
  2. Kolaborasi: kami bekerja dengan Pemerintah, bisnis, komunitas, masyarakat sipil, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lainnya yang ada baik di Propinsi Aceh dan Propinsi-propinsi lainnya di Indonesia untuk melaksanakan dan mendukung program kami
  3. Integritas dan Transparansi: kami beroperasi atas dasar terbuka dan jujur dengan semua pemangku kepentingan, serta berusaha untuk menegakkan standar tertinggi perilaku dan etika.
  4. Komitmen untuk Efektivitas: kami berinovasi, menerapkan dan mendokumentasikan program kami, serta membangun kapasitas untuk mengukur dampaknya. Kami berbagi praktek terbaik dengan pihak yang berkepentingan.
Sebagai bagian dari upaya kami untuk mengurangi kemiskinan, kami menyadari  bahwa ada saat-saat khusus dengan kebutuhan masyarakat yang mendesak, seperti sekarang ini dalam membantu bencana alam. Oleh karena itu, kami juga memiliki kemampuan tanggap darurat untuk mendistribusikan bantuan finansial dan materi (misalnya: pakaian, selimut dan makanan) kepada para korban bencana seperti gempa bumi, letusan gunung berapi dan banjir.

Melalui mitra perusahaan dalam menjalankan klinik keliling, kami juga menawarkan bantuan medis (imunisasi, medical check-up, obat-obatan dan prosedur bedah minor) di tingkat desa setempat.

Pekerjaan filantropis dan social kami dimulai di Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya, dimana UCAN Internasional mulai membangun bisnisnya. Walaupun kepentingan keluarga sekarang berada banyak negara, Indonesia tetap menjadi jantung operasi UCAN Internasional.

Sekilas

Dengan memberikan bekal, kami memberdayakan masyarakat untuk merubah kelaparan dan kemiskinan menjadi kemandirian dan harapan. Program-program  dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal dan nasional serta mitra UCAN seperti YP-UNARA di Lhokseumawe.

Sistem Pertanian Terpadu

Dengan bekal ternak dan pelatihan, UCAN Internasional membantu meningkatkan gizi keluarga dan menghasilkan pendapatan secara berkelanjutan. Kami mengacu pada hewan sebagai "pinjaman hidup" karena dalam pertukaran untuk ternak mereka dan pelatihan, keluarga setuju untuk memberikan salah satu hewan yang keturunan ke keluarga lain yang membutuhkan.

Program Serat Rakyat

Program Serat Rakyat melibatkan pengembangan akasia dan perkebunan kelapa sawit dalam hubungannya dengan desa-desa. Desa menerima pelatihan dan dukungan keuangan, serta masukan fisik seperti bibit dan pupuk untuk menanam pohon yang nantinya bisa pada dijual ke UCAN Internasional.

Program Usaha Kecil dan Menengah

Program UKM mendukung orang-orang yang ingin membangun bisnis kecil sendiri. Kami memperkenalkan mereka terhadap sumber keuangan mikro, serta membantu mereka mengidentifikasi peluang pasar dan menyediakan dukungan teknis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar